Tidak semua mitos Masyarakat Jawa hanya sekedar Mitos

Masyrakat jawa, selain terkenal dengan budayanya seperti batik atau wayang golek, masyrakat jawa juga terkenal dengan berbagai mitosnya. Ada banyak mitos mitos yang beredar pada masyarakat jawa. Tapi ada beberapa mitos yang mengandung kebaikan didalamnya, dan ada juga mitos yang hanya sekedar mitos. Berikut adalah mitos - mitosnya :

1. Jika Makan maka harus dihabiskan, Jika tidak hewan ternak akan mati


Apakah pembaca pernah mendengar mitos ini? Menurut masyarakat jawa menyisakan makanan  adalah sesuatu yang dilarang. Waktu saya kecil, ibu saya sering bilang untuk menghabiskan makanan yang saya makan, jika tidak maka hewan ternak saya akan mati. Menurut masyarakat jawa, makanan yang paling terakhir di anggap sebagai sesuatu yang berkah dari makanan tersebut.Menurut saya mitos ini bermaksud untuk kita menghabiskan makanan. Jika makanan tersebut tidak habis, maka akan menjadi mubazir. Tentu hal itu tidak baik kan.


2. Dilarang bersiul di Sore Hari atau Malam Hari

Masyarakat jawa berpendapat jika kita bersiul pada sore atau malam hari dianggap sebagai panggilan untuk maluk halus. Apakah anda percaya pada mitos ini? Jika pembaca tidak takut silahkan di coba.

3. Jangan Tidur di Sore Hari

Waktu di sore hari atau waktu pada maghrib kita tidak boleh tidur, mungkin mitos ini menganjurkan kita untuk tetap menjalankan ibadah shalat magrib karena waktu shalat magrib yang singkat.

4. Jangan memakan Buah beserta bijinya, Jika tidak mau tumbuh pohon di atas kepala

Saat orang dewasa memakan buah yang ada bijinya tentu tidak akan memakannya, tapi bagaimana dengan anak - anak ? Orang tua masyarakat jawa biasanya mengatakan kepada anak - anaknya untuk tidak memakan buah beserta bijinya, karena dapat tumbuh pohon diatas kepala.

5. Ibu yang sedang hamil tidak boleh memakan pisang gandeng


Menurut mitos masyarakat jawa, jika ibu yang sedang hamil tidak ingin bayinya lahir dalam keadaan kembar siam, maka tidak boleh memakan pisang yang dempet. Namun berdasarkan sebuah penelitian pengaruh makanan yang bermutasi genetik ataupun hasil rekayasa genetika berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Tapi pisang mempunyai banyak manfaat untuk ibu hamil, jika pisang tersebut dalam kondisi bagus.

6. Dilarang menyapu saat malam hari

Masyarakat jawa mempunyai larangan untuk menyapu saat maalm hari, mungkin ini disebabkan saat jaman dahulu masyrakat masih belum menggunakan listrik dan penerangan saat malam hari tidak seperti jaman sekarang jadi dilarang untuk menyapu karena tidak terlihat jelas.

7. Tidak boleh duduk diatas bantal nanti pantatnya bisulan

Kita tahu bantal merupakan benda yang digunakan untuk kepala, jadi bantal tidak boleh untuk alas duduk. Menurut saya mitos ini mengajarkan kepada kita bahwa tidak sopan untuk memakai benda yang seharusnya digunakan pada kepala malah digunakan sebagai alas duduk pantat.

8. Tidak boleh menggigit bibir bagian bawah

Ada beberapa orang yang mempunyai kebiasan menggigit bibir bagian bawah. Menurut mitos masyarakat jawa jika kita menggigit bibir pada bagian bawah maka akan tertimpa nasib buruk. Tapi ini hanya sebuah mitos, dan saya tidak terlalu tahu mitos ini bermaksud untuk apa.

9. Dilarang berpergian saat senja hari sampai sesudah magrib

Saat waktu menunjukan sore menjelang magrib, kita dianjurkan untuk berada di rumah dan tidak boleh untuk berpergian. Orang  jawa berpendapat jika orang yang berpegian saat waktu ini maka akan dimakan mahluk halus yang lebih dikenal dengan sebutan  kolo. Setelah saya searching kata kolo berarti waktu. Jadi maksud mitos ini mugkin sama dengan mitos yang ada di nomer 3, yaitu agar kita tetap untuk mengerjakan ibadah shalat magrib.

10. Ibu yang sedang hamil tidak boleh sering menangis


Menurut mitosnya, jika ibu sering menangis saat sedang hamil, maka anak yang akan lahir menjadi mudah menangis alias cengeng. Oleh karena itu orang tua selalu menyarankan agar ibu yang sedang hamil untuk tidak terlalu cengeng. Mungkin mitos ini menganjurkan untuk tidak membuat ibu kita yang sedang hamil bersedih.

11. Mengangkat jemuran saat sore, kalau malam nanti bisa masuk angin

Memang apa hubungannya dengan masuk angin kalau mengangkat jemuran malam hari? Mungkin mitos ini bermaksud agar baju yang sudah kering agar segera diangkat kalau sudah petang atau malam                                                          nanti baju tersebut akan terkena embun dan menjadi lembab.

12. Mencuci kaki sebelum masuk rumah, agar tidak tertempel "masuk halus"

Mungkin ini mitos yagn sangat konyol untuk jaman sekarang yang sudah modern, tetapi menurut saya mitos ini bertujuan untuk menjaga kebrsihan rumah. Ya, karena setelah berpergian tentu kaki kita akan kotor,  jadi kita dianjurkan untuk mencuci kaki sebelum masuk  kerumah.

13. Anak gadis dilarang duduk di depan pintu

Menurut budaya jawa, jika seorang anak gadis duduk di pintu maka akan susah mendapat jodoh. Mungkin maksud mitos ini adalah agar tidak menghalangi jalan orang yang hendak masuk dan keluar.

14. Anak gadis yang menyapu tidak bersih akan mendapatkan suami yang brewokan

Menyapu tidak bersih dan suami yang brewokan, apa hubungannya? Sebenarnya sih tidak ada kaitannya, tapi mugnkin mitos ini bermaksud agar anak perempuan untuk bersih saat menyapu.

15. Dilarang berfoto dengan jumlah tiga orang

Katanya sih jika kita berfoto dengan jumlah tiga orang maka orang yang berada di tengah akan meninggal. Saya tidak tahu apa maksud dari mitos ini, kematian adalah rahasia illahi, tidak ada yang pernah tahu.

16. Bulu mata ada yang rontok

Mitosnya jika ada bulu mata yang rontok berarti ada orang yang kangen atau rindu dengan kita.

17. Mata bintitan jika mengintip orang mandi

Mungkin pembaca pernah mendegar mitos yang satu ini, bahkan masih banyak yang percaya dengan mitos ini. Tujuan mitos ini tentu mengajarkan kita agar tidak mengintip orang yang sedang mandi karena itu perbuatan yang tercela.

18. Mengantongi Batu untuk menahan BAB

Apakah pembaca pernah mendengar mitos ini atau malah pernah melakukan mitos yang satu ini sewaktu kecil?? Kalau boleh jujur, sewaktu saya masih kecil pernah melakukan mitos yang satu ini, saya tidak tahu kenapa harus mengantongi batu? Katanya sih untuk menahan tinja kita untuk keluar.

19. Meludah sembarangan menyebabkan bibir menjadi sumbing

Tujuan mitos ini tenttu untuk mengajarkan kita sopan santun dan tata krama, karena sewaktu kita kecil biasanya sih meludah sembarnagan.

20. Mitos Hari Sabtu 

Jika bagi masyarakat jaman sekarang hari sabtu adalah hari weekend yang menyenangkan, tapi tidak menurut orang tua jaman dahulu khususnya masyarakat jawa. Ada beberapa mitos yang berkatian pada hari sabtu, dan berikut adalah mitos - mitosnya :

- Dilarang berpergian pada hari sabtu
Menurut budaya jawa, hari sabtu merupakan hari yang kurang baik untuk berpergian.

- Wanita remaja dialarang keramas pada hari Sabtu
Jika anak gadis keramas hari sabtu mtiosnya akan mendpaat suami yang penyiksa, tapi sebenarnya apa kaitannya keramas dengan suami penyiksa???

Kalau di ingat - ingat, terdapat kisah suatu kaum dikutuk menjadi kera karena kaum tersebut melanggar aturan Allah SWT pada hari sabtu. Untuk pembaca yang ingin tahu kisah ini, silahkan searching ya.

21. Dilarang bangun tidur kesiangan, kalau tidak mau rejeki di makan Ayam

Mungkin maksud rejeki di makan ayam adalah rejekinya di makan orang lain,jika kita andaikan kita bangun kesiangan dan kita terlambat pergi bekerja maka pekerjaan yang seharusnya untuk kita akan diberikan kepada orang lain.

Dari mitos - mitos yang saya tuliskan diatas, apakah anda percaya? Itu semuanya kembali kepada diri anda masing - masing. Tapi menurut saya jika anda mendengar mitos yang beredar pada daerah anda alangkah baiknya untuk menanggapinya dengan pikiran yang positif, karena mitos mitos itu lahir dari suatu keadaan. Sekian dulu artikel kali ini, untuk artikel selanjutnya adalah mitos Masyarakat Jawa dan Hewan yang ada dalam mitos masyarakat jawa. Terima kasih untuk pembaca yang telah berkunjung di blog ini dan jika anda mempunyai tanggapan untuk mitos mitos yang saya tulis diatas silahkan tulis tanggapan anda di kolom komentar.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Tidak semua mitos Masyarakat Jawa hanya sekedar Mitos"

  1. wihh mitosnya banyak banget. ane setiap hari ngangkat jemuran sore hari. biar gk masuk angin waktu malamnya sekarang gk ane angkat dah biarin ampe pagi

    ReplyDelete